Kamis, 15 November 2012

HYBRID



Hybrid

Unsur modern yang dominan pada site ini menjadi latar belakang dari konsep ini. Bangunan yang ada pada sekitar site ini merupakan bangunan – bangunan yang menjadi citra kota Bandung, bangunan yang paling kuat citra Bandungnya adalah Gedung Sate, dan tidak jauh dari proyek perancangan gedung kesenian yang akan dirancang. Pengertian Hybrid sendiri adalah penggabungan dua unsur yang berlawanan tetapi tetap mempertahankan karakter unsur - unsur tersebut.
Konsep hybrid sendiri baru mulai dikenal oleh masyarakat umum sejak diterapkannya pada konsep mobil hybrid. Konsep mobil ini adalah konsep yang menggabungkan dua sistem bahan bakar, yaitu listrik dan bahan bakar minyak. Konsep hybrid ini tidak hanya bisa diterapkan pada mobil saja, namun bisa juga diterapkan dalam arsitektur, interior, dan lain – lain.


Konsep hybrid sendiri telah diterapkan di berbagai Negara – Negara maju di berbagai belahan dunia ini. Namun perkembangan hybrid di Indonesia sendiri masih belum diterapkan dalam berbagai hal. Berikut ini adalah gambar – gambar yang merupakan perwujudan dari konsep hybrid itu sendiri.


Gambar diatas merupakan contoh dari penerapan konsep hybrid, bila diperhatikan karakter bangunan dan karakter liquidnya tetap berkesinambungan dan seimbang.


Gambar diatas ini merupakan penerapan konsep hybrid dalam interior, penggunaan material – material yang karakternya berbeda dipadukan menjadi satu kesatuan. Sedangkan pada proyek perancangan gedung kesenian ini unsur yang berlawanan disini adalah unsur dari modern dan tradisional. Bisa kita lihat pada bagan di bawah ini bahwa bangunan kolonial Belanda secara exterior yang mewakili sisi modern, dan budaya Sunda secara interior mewakili sisi tradisional. Dan penggabunngan keduanya itu melahirkan konsep hybrid.


Konsep hybrid juga bisa digunakan untuk mobile phone seperti blackberry  OS Hybrid ini adalah gabungan antara OS original pada perangkat Blackberry disatukan dengan hasil utak-atik orang itu sendiri.Tetapi untuk memodifikasi OS ini tidak boleh sembarangan,karena apa?karena pengguna Blackberry ini harus tahu dan memahami file-file apa saja yang terdapat didalam software OS yang telah didownload. Setiap OS masing-masing handset Blackberry pasti memiliki modul yang diunggulkan,nah dari modul unggulan itu diambil lalu digabungkan satu sama lain akan menghasilkan OS yang disebut OS Hybrid.

Namun sayangnya, modul GSM yang ada dalam perangkat itu tidak dapat bekerja secara maksimal ketika digunakan pada jaringan CDMA. Dengan kekurangan ini, bakal ada beberapa masalah yang sering terjadi, diantaranya; susahnya locking sinyal GPRS maupun 3G.

Pada prinsipnya yg dilakukan para tukang oprek OS hybrid ini adalah mencampurkan  module dari berbagai macam OS yg memiliki keunggulan dengan module lain yg juga unggul di lain bidang, jadi modul tersebut akan saling menutupi kelemahan pada suatu perangkat Blackberry. Contohnya : ada OS “X” memiliki modul browsernya yang cepat namun freemem-nya cepat drop dan ada OS “Y” yang memiliki fungsi browsingnya lambat namun awet memorynya, nah para tukang oprek OS hybrid akan mengambil module browser OS “X” untuk dicampur ke OS “Y” sehingga dihasilkan Hybrid OS “X+Y” yang browsingnya kenceng namun freemem nya awet.

sumber : http://frogieducation.blogspot.com/2010/07/pengertian-os-hybrid-blackberry.html 
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:5IZEMBZR58YJ:repository.maranatha.edu/809/8/0663116_CHAPTER4.pdf+&cd=18&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar