STRUKTUR PASAR
Struktur
pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi
dan harga di dalam pasar ( Bain, 1952 ). Unsur-unsur struktur pasar meliputi:
konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan
integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro
struktur pasar dibagi dalam 4 macam bentuk
1. Persaingan
sempurna, adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang
sangat banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual)
sangat kecil dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak bisa
mempengaruhi harga produk tersebut.
Perusahaan-perusahaan tidak mampu untuk
melakukan diffrensiasi produk atau produk homogen. Para pembeli dan penjual
secara individual hanya bertindak sebagai penerima harga ( Price taker ).
Informasi tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan
bisa dengan mudah mendapatkannya. Pada pasar ini tidak adanya hambatan untuk
masuk atau keluar.
Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan atau industri yang
menerima laba di atas normal.
2. Pasar
Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal.
Produk yang dihasilkan oleh perusahaan monopolis tidak ada barang
substitusinya. Adanya ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam
memperoleh informasi tentang produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan
monopolis bebas untuk menentukan jumpah output dan harga produk kapan saja.
Perusahaan monopolis bisa mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal
dalam jangka panjang.
3.
Persaingan monopolistik, adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan
persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna
ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan
pada produknya ( differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain.
Kemampuan untuk mendapatkan informasi mengenai produk tidak sulit.
Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar
dari industri. Pada pasar ini juga, perusahaan-perusahaan hanya mampu
menerima profit normal dalam jangka panjang.
4. Oligopoli, adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah
kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai
keputusan yang saling mempengaruhi. Adanya ketidaksempurnaan dan
hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk, Adanya kemampuan
pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk didiferensiasikan tetapi
sedikit sehingga adanya sedikit perbedaan produk antara produsen. Dalam teori ekonomi mikro, model Oligopoli
dibagi dalam dua jenis, yaitu : pertama, oligopoli Non-kolusif terdiri dari model Cournot, model Bertrand,
model Chamberlain, Model Sweezy dan model Stackelberg. Kedua, oligopoli kolusif yang terdiri dari
kartel dan kepemimpinan harga
5. Pasar monopsoni Pasar monopsoni
dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan
dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu
bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau
pembeli hanya satu perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar